Cara Menginstal Plugin Di Wordpress Selfhost

   Wordpress merupakan Salah Satu CMS (Content Management System) Terbaik yang Paling Banyak digunakan oleh Para Pengembang Website ataupun Blog diSeluruh Dunia. Hal itu tentunya Karena Banyaknya Keunggulan yang dimilikinya dibandingkan dengan CMS lain. Salah satunya adalah Plugin.



Cara Menginstal Plugin Di Wordpress Selfhost
Cara Menginstal Plugin Di Wordpress Selfhost - Akismet


    Plugin merupakan Fitur yang terdapat didalam Wordpress yang dibuat oleh Para Developer Website untuk mengembangkan Websitenya. Salah satu Plugin yang Paling Terkenal adalah BBPress. BBPress merupakan Plugin yang dapat digunakan untuk membuat Sebuah Forum yang bisa digunakan untuk berinteraksinya antara Pengunjung dengan Author maupun antar Pengunjung. Didalam CMS Wordpress Sendiri terdapat lebih dari 100+ Plugin yang tentunya dapat digunakan sesuai Kebutuhan Kita. Walaupun Saya sendiri Kurang begitu memahami Wordpress alias Newbie.

  Namun Kali ini Saya akan membagikan Sedikit Pengalaman Saya Pada saat menggunakan Wordpress, Yaitu Cara Menginstal Plugin. Oiyaaa... Tentunya Wordpress yang Kita gunakan adalah Selfhosted. Karena Wordpress sendiri terdiri atas 2 Jenis yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org (Selfhost). Tentunya jika kita akan membuat Sebuah Wordpress Selfhost Kita harus menyediakan Domain dan Hostingnya terlebih dahulu. Dan tentunya hal itu membutuhkan biaya yang cukup untuk dapat terus mengembangkan Website Kita. Bicara Panjang Lebar sepertinya tidak akan anda hiraukan. :v. Untuk itu Langsung Saja Kita menuju keTKP.
 
     Sebagai Berikut :
1. Masuk Panel Admin. : http://wordpress-saya.com/wp-admin
2. Masukkan Username dan Password yang sudah anda Buat.



3. Setelah Masuk Panel Admin, Pilih Plugin.



4. Pilih Salah Satu Plugin yang Tersedia didalam Menu Pilihan., Jika tidak ada Pilih Add New untuk Mmenambahkan Plugin Baru.




5. Setelah berhasil mendapatkan Plugin yang kita Cari, Selanjutnya Pilih Activate Untuk Mengaktifkannya.



6. Setelah itu, Kembali lagi Ke menu Plugin dan Pilih Setting pada Menu Plugin yang sudah Kita Instal tadi untuk mengkonfigurasinya.



7. Selanjutnya Silahkan Atur Plugin yang sudah Kita Instal tadi sesuai Kebutuhan.



Selesai.

Mungkin itu saja yang bisa Saya Bagikan Kali ini mengenai Cara Menginstal Plugin pada Wordpress Selfhosted. Mohon Maaf jika kurang jelas atau bahkan memang tidak bisa dimengerti. Karena Tutorial Wordpress yang saya bagikan Kali ini menggunakan localhost Xampp (Offline).

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...