Untuk Membuat Sebuah Web Besar, Pantaskah Menggunakan Platform Blogger atau blogspot ?

   Pernahkah terlintas dipikiran anda pertanyaan seperti ini, "Untuk Sebuah Web Besar, Pantaskah Menggunakan Platform Blogger ?". Blogger merupakan Platform Blog yang dikembangkan oleh Perusahaan Besar Dunia yang sepertinya tidak asing lagi ditelinga kita (Google). yapss... Google merupakan Perusahaan yang terkenal dengan mesin pencarinya yaitu Google Search Engine (http://google.com). Untuk anda seorang Web Developer atau seorang Blogger pasti sudah mengenal yang namanya Platform Blog (Blogger/ blogger.com).



Untuk Membuat Sebuah Web Besar, Pantaskah Menggunakan Platform Blogger atau blogspot ?


  Platform yang satu ini merupakan Salah satu Platform Blog yang paling banyak digunakan oleh para Blogger untuk membagikan postingannya kepada dunia luar. Sebenarnya Blogger merupakan Platform Blog yang dibuat oleh Pyra Labs yakni sebuah perusahaan yang dibuat oleh Evan Williams dan Meg Hourihan. Dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Platform Blogger banyak dipilih karena mungkin beberapa alasan berikut :


  • Gratis
  • Mudah digunakan
  • Dikembangkan oleh Google yang terkenal dengan mesin pencarinya.
  • Dll.
  Dari keunggulan diatas tentunya Blogger dapat menjadi pilihan terbaik untuk anda yang ingin mengembangkan sebuah Blog. balik lagi menuju Tema kita kali ini, pantaskah Blogger/ blogspot ini sebagai Platform alternatif untuk anda yang ingin membuat sebuah Situs Web besar ? Walaupun Blogger memiliki berbagai keunggulan yang sudah saya sebutkan diatas, akan tetapi untuk anda yang ingin membuat sebuah web besar atau web portal memang tidak bisa dijadikan sebagai Platform terbaik. Dibandingkan menggunakan CMS (Content Management System) Wordpress (Selfhost) (bukan wordpress.com) yang jauh labih lengkap fiturnya, sepertinya blogger bukan pilihan terbaik untuk anda yang ingin membuat web besar. 

   Jika anda ingin membuat sebuah web besar aio (All In One) lengkap sebagai Toko Online, Forums, dll maka anda bisa memilih CMS wordpress. Tidak seperti Blogger, Tentunya untuk membuat sebuah website menggunakan CMS wordpress anda perlu mempersiapka Hosting dan Domainnya terlebih dahulu. kita hitung saja 100k (Domain) dan 85k untuk Shared Host. jika anda rasa Dana tersebut terbilang murah berarti saya rasa anda lebih baik menggunakan CMS Wordpress untuk membuat Web tersebut. karena Dana tersebut akan sebanding dengan banyaknya keunggulan dan fitur yang dimilikinya, sebut saja ; Plugin, Themes, dll.

  Tetapi jika web yang ingin anda buat hanya terfokus dan konsisten terhadap konten atau postingan, maka Blogger adalah pilihan yang tepat. Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga anda bisa memahaminya. #Salam_Newbie. :D

No comments :

Post a Comment

Leave A Comment...